Kedudukan dan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Kedudukan dan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pancasila merupakan suatu dasar konstitusi yang mempunyai kedudukan lebih tinggi daripada UUD 1945. Sehingga bisa kita ketahui bahwa pancasila menjadi jiwa paling luhur dan agung bagi bangsa Indonesia. Pancasila mempunyai kedudukan dan fungsi yang beragam di Negara ini, salah satunya sebagai Dasar Negara.

5 sila pancasila sangat melekat pada hati rakyat Indonesia yang bisa kita lihat dari tata cara hidup masyarakat Indonesia yang didasari oleh Pancasila. Selain sebagai Dasar Negara Bangsa Indonesia, pancasila juga mempunyai kedudukan dan fungsi sebagai:
  • Pandangan Hidup
  • Ideologi Bangsa Indonesia
  • Jiwa Bangsa Indonesia
  • Sumber dari segala sumber tertib hukum
  • Kepribadian bangsa Indonesia
  • Cita-cita dan tujuan yang akan dicapai bangsa Indonesia
  • Perjanjian Luhur
  • Falsafah Hidup yang Mempersatukan Bangsa Indonesia
  • Pandangan Hidup Bangsa Indonesia
Dan insyaAllah malasbelajar.com akan jadikan artikel berseri untuk membahas mengenal masing-masing kedudukan dan fungsi pancasila.

Jelaskan Kedudukan Dan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Dasar negara merupakan sebuah landasan yang bisa memberikan kekuatan terhadap berdirinya suatu Negara.
Nah kedudukan dan fungsi pancasila sebagai dasar negara merupakan suatu sumber kaidah hukum yang mengatur segala kegiatan ekonomi, sosial, dan politik.

Pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 terdapat bukti yang menjadi referensi pancasila merupakan dasar negara. UUD 1945 alinea keempat menyebutkan bahwa:
"Negara Republik Indonesia, yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dan Permusyawaratan Perwakilan, serta mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.”
Sehingga kita ketahui bahwa Negara Indonesia didasarkan kuat kepada butir-butir sila yang terdapat dalam pancasila. Hasil rapat PPKI tanggal 18 Agustus 1945 yang menetapkan bahwa Pancasila sebagai Konstitusi Pokok NKRI.

Jika kita melanggar lima sila pancasila, artinya kita sudah melanggar perjanjian yang telah dibuat sendiri dan melanggar tujuan hidup kita. Butir-butir pengamalan pancasila juga wajib kita terapkan.

Segala hukum dan undang-undang di Negara ini harus mencerminkan nilai Pancasila, sehingga pancasila mempunyai pengaruh yang sangat besar.

Sila ke 1 pancasila berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa" yang berarti setiap Warga Negara Indonesia harus menyembah Tuhan, mempunyai agama, dan dalam peraturan atau hukum manapun di Indonesia, semuanya melarang paham yang menentang adanya Tuhan (Atheisme/Agnostik).

Nilai-nilai dari Pancasila ini akan menurun pada Pembukaan UUD 1945, kemudian menurun pada UU, TAP, MPR, dan seterusnya. Semoga penjelasan pancasila sebagai dasar negara bermanfaat, sehingga kamu bisa mengetahui kedudukan dan fungsi pancasila.

Referensi:
http://gurupintar.com/threads/jelaskan-kedudukan-dan-fungsi-pancasila-sebagai-dasar-negara.518/

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments