Rumus Tekanan Hidrostatis dan Contoh Soal

Rumus Tekanan Hidrostatis dan Contoh Soal

Kalian mungkin pernah naik kapal selam dan perlu kalian ketahui bahwa kapal selam merupakan contoh penerapan tekanan hidrostatis. Dikarenakan kapal selam terbuat dari bahan yang sangat kokoh dan kuat, untuk mengatasi manusia yang tidak bisa menyelam terlalu dalam.

Setiap benda yang berada di zat cair yang diam besarnya tekanan tergantung dari besarnya gravitasi. Selain itu kedalaman dan massa jenis zat cair juga mempengaruhi. Kamu akan lebih memahaminya dengan mengetahui rumus tekanan hidrostatis.

Pengertian Tekanan Hidrostatis

Tekanan Hidrostatik adalah tekanan pada zat cair yang diam sesuai dengan namanya (hidro: air dan statik: diam). Atau Tekanan Hidrostatik diartikan sebagai tekanan yang diberikan oleh cairan pada keseimbangan karena pengaruh gaya gravitasi.

Lihat gambar berikut:

Rumus Tekanan Hidrostatis

Ph = ρ. g . h
Keterangan :
ρ : massa jenis zat cair (kg/m3)
g : percepatan gravitasi bumi (m/s2)
h : kedalaman/tinggi titik ukur dari permukaan (m)

Kita tidak bisa mengukur tekanan udara pada ketinggian tertentu menggunakan rumus diatas. Dikarenakan kerapatan udara berbeda-beda di setiap tempat.

Makin tinggi suatu tempat, maka makin kecil kerapatan udaranya. Untuk tekanan total yang dialami suatu zat cair di ketinggian tertentu bisa dicari dengan menjumlahkan tekanan udara luar dengan tekanan hidrostastis.
Ptotal = Po + Ph
Keterangan:
  • Ph : tekanan yang dialami zat cair/tekanan hidrostastis (Pa)
  • Po: tekanan udara luar (Pa)
  • ρ : massa jenis zat cair (kg/m3)
  • g : percepatan gravitasi bumi (m/s2)
  • h : kedalaman/tinggi titik ukur dari permukaan (m)

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis

Seorang penyelam bisa berada pada kedalaman 40 m di bawah permukaan laut. Jika massa jenis air laut 1,2 g/cm3 dan percepatan gravitasi 10 m/s², maka hitunglah besar tekanan hidrostatis yang dialami oleh penyelam!

Diketahui :
  • h = 40 m
  • ρ = 1,2 g/cm3 = 1.200 kg/m3
  • g = 10 m/s²
Ditanyakan: ph = … ?
Jawab :
Ph = ρ g h
= 1.200 · 10 · 40
= 4,8 · 105 Pa

Jika kamu merasa contoh soal tekanan hidrostatis diatas masih kurang, silahkan sampaikan melalui komentar dibawah agar malasbanget.com menambahnya. Semoga kamu bisa langsung menghafal rumus tekanan hidrostatis.

Referensi:
http://tatangsma.com/2015/02/pengertian-tekanan-hidrostatis-dan-contoh-soalnya.html
http://fisikaituasyik.weebly.com/tekanan-hidrostatis.html

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments