Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Demak

Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Demak

Kerajaan Demak menjadi kerajaan pertama yang ada di Pulau Jawa. Singkatnya Kerajaan Demak didirikan oleh Raden Patah. Dalam kurun waktu yang singkat Kerajaan Demak berubah menjadi kerajaan yang sangat besar karena didukung oleh Walisongo.

Raden patah merupakan bangsawan kerajaan Majapahit yang sudah mendapatkan pengukuhan dari Prabu Brawijaya yang secara resmi menetap di Demak serta mengganti nama Demak menjadi Bintara.

Raden Patah menjabat sebagai adipati kadipaten Bintara, Demak. Karena bantuan daerah-daerah lain yang sudah lebih dahulu menganut islam seperti Jepara, Tuban dan Gresik, ia mendirikan Kerajaan Islam dengan Demak sebagai pusatnya.

Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Demak

Latar belakang berdirinya Kerajaan Demak disebabkan karena runtuhnya kerajaan Majapahit pada tahun 1478 kerajaan Majapahit runtuh dan kemudian di tahun 1500 berdirilah kerajaan Demak yang dipimpin oleh Raden Patah.

Dalam penyiaran dan perkembangan islam di Jawa selanjutnya, Walisongo memusatkan kegiatannya dengan menjadikan kota Demak sebagai sentral semua hal.

Runtuhnya Kerajaan Demak diakibatkan karena Sultan Trenggoni diracuni sehingga menyebabkan keadaan genting dalam bidang politik di kerajaan.

Raja-raja Demak:
  1. Raden Patah (1500-1518)
  2. Pati Unus/ Pangeran Sabrang Lor (1518-1521)
  3. Sultan Trenggono (1521-1546)

Aspek-Aspek Kehidupan Kerajaan Demak

Aspek Kehidupan Politik
Karena bantuan daerah-daerah lain yang sudah masuk islam, seperti Jepara,Tuban dan Gresik, Raden Patah mampu mendirikan kerajaan Demak yang merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa.

Aspek Kehidupan Ekonomi
Demak sebagai kerajaan Maritim, menjalankan fungsinya sebagai penghubung daerah penghasil rempah-rempah di bagian timur, dan Malaka dibagian Barat .

Aspek Kehidupan Sosial
Kehidupan sosial Demak diatur oleh hukum Islam, tetapi masih sedikit tercampur tradisi lama.

Aspek Kehidupan Budaya
Terlihat jelas di kehidupan budayanya, dimana arsitektur sangat tinggi terbukti pada salah satu tiang Masjid Demak yang dibuat dengan sisa-sisa kayu atau saka tatal.

Penutup dari malasbelajar.com bahwa kerajaan Demak berperan besar terhadap proses Islamisasi di Jawa pada masa itu. Sekaligus Demak berkembang menjadi pusat perdagangan dan penyebaran Islam.

Kekuasaan wilayah Demak meliputi Jepara, Tuban, Sedayu Palembang, Jambi dan beberapa daerah di Kalimantan.

Selain itu Kerajaan Demak juga mempunyai pelabuhan-pelabuhan penting seperti Jepara, Tuban, Jaratan, Sedayu, dan Gresik yang berkembang menjadi pelabuhan penghubung.

Referensi:
http://stefanikristina.blogspot.co.id/2016/02/kunci-jawaban-sejarah-indonesia-kelas-x_7.html
http://buihkata.blogspot.co.id/2014/11/sejarah-singkat-kerajaan-demak.html
https://brainly.co.id/tugas/61382
http://www.ayobelajar.web.id/tema/1237/

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments